Potret Buram Perlindungan Buruh Sawit Indonesia
July 27, 2018
Gerakan Buruh sebagai Perjuangan Pemenuhan Hak Asasi Manusia
July 30, 2018

Berita Buruh Mingguan 21- 27 Juli 2018

BERITA BURUH MINGGU INI

21-27 Juli 2018

Menyikapi kenaikan beberapa item kenaikan harga sembako, BBM, dan listrik, pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2018, ratusan buruh perempuan yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta. Buruh perempuan adalah pihak yang paling merasakan dari adanya kenaikan harga tersebut. Selain pekerja, mereka juga merupakan ibu rumah tangga. Sehingga mereka paling mengetahui sulitnya mengatur uang belanja disaat harga-harga naik.
Berita selengkapnya : https://bit.ly/2v6pZLP

Masih Banyak Perusahaan Tak Jujur Soal Gaji Pekerjanya

Perusahaan diminta jujur untuk melaporkan gaji yang sebenarnya kepada BPJS Ketenagakerjaan agar pekerja tidak dirugikan ketika menerima manfaat jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Praktisi jaminan sosial Imam Nurachmad mengatakan, masih banyak perusahaan yang melaporkan gaji pekerja yang bukan semestinya.
Berita selengkapnya : https://bit.ly/2mMFdBM

Upah Mayoritas Pegawai SPBU di Bandung Barat di Bawah UMK

Sebagian besar karyawan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Bandung Barat dikabarkan tidak menerima gaji sesuai upah minimum kabupaten (UMK). Gaji yang diterima rata-rata sekitar Rp 1,7 juta sampai Rp 1,9 juta per bulan. Sedangkan UMK Kabupaten Bandung Barat tahun 2018 sebesar Rp 2.683.277.
Berita selengkapnya : https://bit.ly/2NOg45j

80 Persen Peserta Tak Tahu Manfaat BPJS-TK

Pada Siposium Nasional Peningkatan Manfaat dan Layanan BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, (Selasa, 24 Juli 2018) pihak dari rumah sakit mengatakan bahwa sekitar 80 persen peserta BPJS Ketenagakerjaan, khususnya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang dirujuk ke RS Siloam TB Simatupang, tidak mengetahui manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan. Oleh karena itu, perlunya sosialisasi intensif agar setiap pekerja menyadari manfaat dari Jaminan Kecelakaan Kerja.
Berita selengkapnya : https://bit.ly/2LEMqC8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X