Surat Terbuka dan Petisi Bersama untuk Presiden Joko Widodo Tentang Nasib Para Pekerja PT. Freeport Indonesia
August 30, 2018
Memperjuangkan Hak-hak Buruh Sawit Perempuan
August 30, 2018

Berita Buruh Mingguan 27 – 31 Agustus 2018

Toilet Untuk Buruh Garmen di Sukabumi Rawan Pelecehan Seksual

Sungguh mencengangkan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Trade Union Rights Centre (TURC) menunjukan fasilitas toilet yang diperuntukan bagi para buruh perempuan di beberapa lingkungan pabrik garmen yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi, kondisinya sangat memprihatinkan karena rawan terjadi tindak pelecehan seksual. Hal ini terjadi lantaran kondisi bangunan toilet pada umumnya tidak layak pakai karena telah mengalami kerusakan terutama pada bagian dindingnya yang banyak ditemukan lubang yang diduga sengaja dibuat untuk bisa mengintip aktifitas buruh perempuan saat berada di dalam toilet.
Berita selengkapnya : masaginews / https://bit.ly/2PjPr91

Kebutuhan Hidup di Bekasi Mendekati 4,5 Juta, UMK Hanya 3,8 Juta. Buruh Nombok?

Tim Pengupahan FSPMI Bekasi melakukan survey pasar terkait Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Hasilnya cukup mengejutkan, nilai kebutuhan hidup untuk satu orang lajang di Bekasi adalah sebesar 4.438.083 atau mendekat 4,5 juta. Sample yang diambil dari 3 pasar di wilayah Bekasi. Dari ketiga pasar yang sudah dilakukan survey, didapatkan angka rata-rata sebesar 4.438.083. Sementara itu, Upah Minimum Kabupaten Bekasi tahun 2018 adalah sebesar Rp 3.837.939,63. Dengan demikian, dalam sebulan, buruh Bekasi bisa nombok hingga 600 ribu.
Berita selengkapnya : koranperdjoeangan.com / https://bit.ly/2BWAuI4

Ratusan Buruh PT Freeport Tidur di Halaman Kemenaker

Sejak 31 Juli, ratusan buruh dari PT Freeport Indonesia tiba di Jakarta, menempuh perjalanan via kapal laut melewati Sorong-Makassar-Surabaya dari Timika dan Jayapura Papua. Kedatangan mereka ke Jakarta, tak lain untuk menuntut haknya atas perlakuan PT Freeport Indonesia yang telah melakukan kebijakan furlough [merumahkan buruh] dan PHK sepihak pada 3.800 orang buruh, sejak Februari 2017 lalu. Demi memperjuangkan hak-hak nya, mereka sampai menginap di halaman KEMENAKER untuk bertemu Hanif Dhakiri, yang sampai saat ini belum juga kunjung menemui mereka.
Berita selengkapnya : Trimurti.id | https://bit.ly/2MEJQ0f

Waspada, Kabar Pekerja Dapat Rp 21 juta dari BPJS Ketenagakerjaan Hoaks !

BPJS Ketenagakerjaan mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap upaya penipuan bermotif penarikan dana tunai yang beredar secara online dan berkedok survey. Hal tersebut ditengarai menjadi salah satu upaya penipuan dan pencurian data personal. BPJS Ketenagakerjaan mengatakan tidak pernah menyelenggarakan undian atau sejenisnya dan menjanjikan sejumlah dana atau hadiah.
Berita selengkapnya : Merdeka.com | https://bit.ly/2wvtop9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X