STEP UP : TELL US WHO MADE OUR SHOES !

Produksi sepatu merupakan salah satu industri yang terus berkembang setiap harinya, bahkan hingga tingkatan global. Skala industri sepatu amatlah besar, dengan lebih dari 24 miliar pasang sepatu diproduksi di tahun lalu, atau setara dengan 3 pasang sepatu untuk masing-masing orang, dengan 87% diantaranya dibuat di Asia. Sementara permintaan dari konsumen di Eropa dan Amerika Serikat, serta dari Negara pembuat sepatu, seperti India dan Tiongkok, juga terus bertambah.

Di dalam industri global sepatu, terdapat pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan secara sistemik, yang mencakup: upah yang tidak layak, jam kerja yang panjang, serta penolakan terhadap risiko signifikan terhadap kesehatan yang dapat disebabkan oleh bahan kimia berbahaya. Dengan kondisi ini, keadaan industri sepatu amatlah mirip dengan industri garmen, yang beroperasi dibawah kerahasiaan.

 

Keadaan di mana hampir tidak ada sama sekalinya transparansi di industri sepatu ini, memungkinkan eksploitasi terus berkembang seiring dengan perkembangan industry itu sendiri.

Masalah utama dari proses pembuatan kulit dan produksi sepatu berkaitan erat dengan masalah kesehatan dan lingkungan, yang muncul sebagai akibat dari penggunaan bahan kimia dalam proses penyamakan. Proses penyamakan yang dilakukan tanpa prosedur dan peralatan kesehatan yang sesuai, menyebabkan terbentuknya zat kimia Kromium VI yang berbahaya bagi kesehatan. Residu bahan kimia yang masuk menjadi bagian dari limbah, menyebabkan polusi lingkungan sekaligus dampak yang serius bagi kesehatan manusia; seperti: kanker, kebutaan, eksim, dan asma.

Selain itu, karena bubuk kromium digunakan untuk menyamak kulit, terdapat pula kemungkinan bahwa kromium juga dapat membahayakan tidak hanya pekerja di penyamakan, namun juga konsumen di seluruh dunia. 

Mengapa transparansi?

Download lembar fakta kampanye Step Up untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang kami minta dan alasannya. 

DUKUNG TRANSPARANSI PRODUKSI SEPATU!
Ayo Tanda Tangani Petisinya  Sekarang!