ANGGOTA TIM TURC

 

Andriko Otang – Executive Director

Andriko Otang menjabat sebagai Direktur TURC sejak Januari 2016, periode masa jabatan 2016-2018. Setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Eksekutif TURC selama 3,5 tahun. Lulus dari Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya dengan predicat cum laude, dan masuk dalam kategori 10 orang dengan peringkat lulusan terbaik. Saat ini sedang menyelesaikan studi master program di bidang ilmu hukum bisnis di Universitas Kristen Indonesia. Andriko aktif terlibat dalam isu perburuhan sejak tahun 2010, dan memiliki spesialisasi isu dalam hal politik perburuhan, sistem pengupahan, kebebasan berserikat, dan jaminan sosial. Sejak tahun 2011, Andriko aktif menjadi narasumber maupun fasilitator dalam berbagai kegiatan training/workshop yang diselenggarakan di bidang perburuhan.

Saat ini, terdaftar sebagai Advokat di Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dan pernah terlibat dalam perjuangan Gugatan Warga Negara (Citizen Law Suit) terkait reformasi sistem jaminan sosial di Indonesia bersama dengan Komite Aksi Jaminan Sosial. Terlibat dalam tim perumus dan tim lobby Komite Aksi Jaminan Sosial dalam  Proses Pembahasan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS) di DPR.

Penerima program short courses “International Kassel Summer School 2014 Ways To A Fair Globalization”, di Hofgeismar, Germany, yang diselenggarakan atas program kerjasama antara Universitas Kassel, Germany dan Yayasan Friedrich Ebert Stiftung (FES) ; Pernah mengikuti Program Workshop “Results Oriented Monitoring (ROM)”, south partnership yang diselenggarakan oleh DGB Bildungswerk di Dusseldorf, Germany, 2015 ; “Living Wage Now Forum yang diselenggarakan oleh achACT di Brussels, Belgia, 2015 ; “National Conference Global Alliance at Walmart Strategic Meeting” di Washington DC, Amerika Serikat, 2016. Dapat dihubungi melalui email: andriko.otang@gmail.com.

 

Eci Ernawati – Deputy Director

Pernah berkerja di Pengadilan Negeri Kebumen sebagai Asisten Panitera sejak Februari hingga April 2013. Bergelut di TURC sejak 2013 dan mengawali karirnya di lembaga ini sebagai Staff Advokasi, Divisi Riset, Koordinator Proyek, hingga akhirnya sekarang menjabat sebagai Wakil Direktur TURC sejak 2016. Lulus dari Program Internasional Fakultas Hukum di Universitas Islam Indonesia, ia sempat menjalani hari-hari sebagai Mahasiswa Pertukaran di Ahmad Ibrahim Kulliyah of Law, International Islamic University of Malaysia pada tahun 2011.

Telah menempuh Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta dan kini masih masih terdaftar sebagai Mahasiswa S2 Ilmu Hukum Universitas Trisakti. Telah menempuh Training on International Refugee Law & UNHCR Mandate for Indonesian Civil Society Organization yang digelar UNHCR pada tahun 2013, Pelatihan Program K3 untuk Pekerja WISH-P yang diselenggarakan oleh ILO, Pelatihan Teknik Most Significant Change (MSC) dan Analisis Kualitatif yang diselenggarakan oleh ILO, Pelatihan Monitoring berdasarkan Outcome Mapping, Pelatihan Perancangan Proyek & Results-based Management Pelatihan oleh MDF Asia Training & Consultancy, serta telah mendapatkan Pelatihan Operasionalisasi Metodologi Penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam meneropong isu Ketenagakerjaan. Pada tahun 2016 menjadi pembicara dalam Seminar For Design School di Denmark sebagai bagian dari CCC (Clean Clothes Campaign)- Copenhagen, Denmark dan pembicara dalam Lobby Meeting di Parlemen Eropa Brussels, Belgia, sebagai bagian  dalam program Changes Your Shoes. Dapat dihubungi melalui email eci.turc@gmail.com.

 

 

FINANCE TEAM

Finance bertugas mengatur dan mengelola keuangan TURC.

 

Tuti Nurhayati  – Finance Manager

Tuti Nurhayati menjabat sebagai Finance Manager yang lulus dari UPN Veteran Jakarta dan telah berpengalaman di di bidang finance sejak tahun 2001. Selama kuliah, beliau aktif dalam Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) ASPIRASI UPN ‘Veteran’ Jakarta. Selain itu, ia pernah mengikuti pelatihan keuangan Seminar On Project’ yang digelar oleh DGB pada tahun 2012 & 2014, serta mengikuti pelatihan keuangan tingkat nasional. Pengalaman di bidang keuangan antara lain menjabat sebagai Accounting LSM KpSHK (Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan) & PJTKI Baringtonia Citra Mandiri. Dapat dihubungi melalui zahra_tuti@yahoo.com

 

Denisa Kartika – Finance Officer

Berpengalaman di bidang keuangan sejak 2011, dan pernah menjadi narasumber di pelatihan ‘Diskusi Strategi Negosiasi’ untuk pekerja rumahan pada tahun 2016, dengan tema dasar-dasar tata kelola keuangan organisasi. Selain itu, beliau juga pernah mengikuti workshop Budgeting & Reporting, Training Program Akuntansi Accurate, Workshop Audit Preparation & Tax, dan Audit Preparation Training oleh FNV, serta training Project Finance Management dan Financial Management oleh MAMPU. Di tahun 2008, lomba scrabbel bahasa Jerman & serdas cermat budaya Jerman di Universitas Negeri Jakarta merupakan prestasi beliauu. Dapat dihubungi melalui email denisa.kartika@yahoo.co.id

 

Irna Diana – Administration Officer

Beliau merupakan lulusan S1 Universitas Diponegoro pada jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan di tahun 2013. Bergabung dengan TURC sejak tahun 2016. Di tahun 2014 ia bekerja sebagai Stock Taking Team dalam divisi Strategic Environmental Assessment at PT Multi Mitra Persada. Pengalaman risetnya antara lain Environmental Carrying Capacity in Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta dengan UPT LIPI Pulau Pari, di tahun 2014-2015. Ia juga pernah menjadi Editor buku “System Dynamics” dan mengikuti  Workshop Low Emission Capacity Building dengan Bappenas and UKP4, pada bulan Januari 2014. Di tahun 2012-2013 ia pernah mengembangkan unit usaha Coffee Fun Café di Semarang pada tahun 2012-2013. Ia juga pernah mengikuti magang di Balai Taman Nasional Karimunjawa, pada tahun 2009. Dapat dihubungi melalui email irnadiana9989@gmail.com

 

 

RESEARCH & DEVELOPMENT TEAM

Merupakan divisi yang bertujuan memperoleh, mengelola, dan mempublikasikan data penelitian sebagai bahan kegiatan TURC.

 

Syarifah Ratnawati – Research & Development Coordinator

Koordinator Divisi Penelitian dan Pengembangan (LitBang). Tergabung dalam Interseksi Foundation sejak 2014 sebagai Program Officer dengan beberapa pengalaman penelitian di antaranya ‘Politik Lokal dalam Istana Buton’, dan publikasinya mengenai tema ini telah diterbitkan diantaranya di Forum Keadilan, Tribun Timur, Interseksi.org. Beberapa artikelnya antara lain “Sawah Tangguh di Tangan Petani” yang diterbitkan Balitbang Kementerian Pertanian. Pernah pula menjadi Asisten Riset di Pusat Studi Antropologi, Departemen Antropologi, FISIP UI. Menjadi pembicara dan OC dalam Seminar “Agrometeorological Learning Farmers Responses to the Unusual Climate  Conditions of 2010-2011 and Pest/Disease Outbreaks” bersama Pusat Studi Antropologi dan Australia National University. Di kampus pernah aktif sebagai Deputi Sekretaris BEM FISIP UI, dan menjadi Project Officer dalam FISIP for the Nation (FISION) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Antropologi (He-Man) dengan FISIP. Selain itu ia pernah mengawali karir penelitinya dari bawah, diantaranya pewawancara telepon dan surveyor di Kompas, interviewer telepon di Telkomsel Indonesia, Mark Plus, Cyrus Network, dan PT. Morrigan Service. Dapat dihubungi melalui syarifah.ratnawati20@gmail.com

 

 

 

PROGRAM COORDINATORS

Program Coordinator merupakan posisi manajerial di TURC yang memimpin pelaksanaan proyek.

 

Dinda Zakiah Wahid – Palm Oil Plantation Workers Coordinator

Setelah lulus dari Ilmu Hubungan International, Universitas Katolik Parahyangan, beliau menjadi tim kreatif dalam komunitas Buku Berjalan Indonesia sebagai Project Officer di Buku Dongeng. Disamping itu, pengalaman profesional beliau meliputi Kordinator Tim Family Supporting Group di Yayasan Kanker Indonesia sejak 2013, sukarelawan dalam Ubud Writers and Readers Festival, staf Direktorat Jendral Sosial & Kemasyarakatan di Kementerian Luar Negeri , serta Part-Time Assistant of Publishing and Secretariat di Peace Women Across the Globe (PWAG). Selama kuliah, ia berkesempatan untuk turut terlibat dalam festival kebudayaan di Turki dan Filipina. Dapat dihubungi melalui dindazwahid@gmail.com.

 

Yasinta Sonia – Informal Workers Coordinator

Dikenal dengan nama Yayas, beliau merupakan lulusan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Menjabat sebagai kepala kompartemen pekerja informal, yang fokus pada kesejahteraan pekerja rumahan. Sebelum bergabung dengan TURC, beliau berpengalaman sebagai staff DPR RI. Dapat dihubungi melalui yasintasonia1@gmail.com.

 

Pricilia Purnama – Manufacture Workers Coordinator

Pricilia Purnama merupakan lulusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan, syang saat ini menjabat sebagai kepala kompartemen pekerja manufaktur, yang fokus pada kesejahteraan buruh pabrik, serta Shoe Project yang fokus pada buruh yang memproduksi sepatu. Pengalaman profesional beliau antara lain sebagai staff magang Small & Medium-sized Entreprises (SME), Asisten Riset & staf event untuk Universitas Katolik Parahyangan yang menangani koleksi & analisis data, serta staff magang di United Nations High Commisioner for Refugees (UNHCR). Dapat dihubungi melalui purnamapricilia@gmail.com.

 

 

PROGRAM OFFICERS

Project Officer bertugas untuk melaksanakan proyek-proyek yang dilaksanakan oleh tiap kompartemen yang dipimpin oleh Program Coordinator.

 

Rahmat Fauzi Saleh

Lama bergelut di bidang sosial dan fokus di kajian gerakan sosial, membawanya menjadi pegiat di Averroes Community dan bersentuhan dengan isu demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat. Diawali dengan menjadi fasilitator lapangan dan tertarik pada tulis menulis, secara tidak langsung memberi efek positif untuk menjadi kontributor di salah satu perusahaan media cetak ternama. Semuanya berawal dari keaktifannya bergelut di beberapa organisasi ekstra dan intra kampus, sehingga mengasah naluri berorganisasi berkembang. Selama beberapa tahun berjalan, memiliki keinginan untuk mengembangkan isu gerakan dan ditunjang dengan latar belakang ilmu sosial membuatnya berkeinginan terjun dalam dunia penelitian. Pernah melakukan konferensi ilmiah nasional dengan tema Understanding Contemporary Indonesia Issues, semakin mempertebal keimanan keilmuannya menekuni isu gerakan sosial, buruh, korporasi, dan demokrasi. Faedah yang diperoleh setelah bertahun-tahun terjun dalam dunia penelitian dengan berbagai lembaga, secara perlahan dan pasti mempertajam arah kajian pada isu gerakan sosial, buruh dan politik. Semua jalan yang ditempuhnya, lantas membawanya pada Trade union Right Center (TURC) dan diawali menjadi peneliti serta berkutat pada program penguatan kapasitas untuk isu perburuhan. Dapat dihubungi melalui kangfauzi88@gmail.com 

 

 

Andy Akbar

Beliau lulus dari Fakultas Hukum, Universitas Mulawarman, Samarinda di Kalimantan Timur. Pengalamannya sebagai mahasiswa meliputi sebagai Ketua Lembaga Kajian Ilmiah dan Studi Hukum(LKISH) FH Unmul pada 2010-2011, Ketua HMI Komisariat Hukum Unmul dan Koordinator Wilayah Kalimantan Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia (IPMHI) pada 2011-2012, Ketua HMI Koordinator Komisariat Universitas Mulawarman pada 2012-2013, Ketua HMI Cabang Samarinda pada 2013-2014, dan anggota Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia(PERMAHI) sejak 2010. Pengalaman professional beliau antara lain adalah Manager Advokasi di Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Kaltim, sejak 2014 hingga 2016, dimana ia aktif dalam melakukan kerja-kerja advokasi rakyat, upaya perbaikan dan supremasi hukum,  dan kerja-kerja lainnya yang berorientasi pada advokasi dan pendidikan hukum kerakyatan. Dapat dihubungi melalui akbarandy91@gmail.com.

 

 

STAFF LOKAL

Staff lokal memiliki peran yang sama dengan Project Officer, namun dengan domisil yang disesuaikan dengan tempat tinggal Staff Lokal tersebut.

 

Dessi Hepiyana – Staff Lokal Cirebon

Dessi merupakan lulusan Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tahun 2014. Selama menjadi mahasiswa, beliau aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Departemen Bidang Pembinaan & Pengembangan Anggota (2010-2011). Selain itu, ia juga pernah mengikuti karya latihan bantuan hukum (kalabahu) oleh LBH Jakarta pada tahun 2015. Dapat dihubungi melalui dessihepi@gmail.com

 

Heru Pramono – Staff Lokal Jawa Tengah

Beliau memiliki pengalaman di media sejak 2003, antara lain sebagai penyiar radion & presenter berita di televisi lokal Solo, TATV. Selain itu, menjadi dosen tamu di sekolah tinggi di Solo dan menjadi trainer public speaking di sebuah instansi BUMN, juga merupakan pengalaman professional beliau. Dapat dihubungi melalui zulfanramadhan@yahoo.com.