Suara Lantang dari Buruh Perkebunan Sawit
March 15, 2019

Kabar Buruh Mingguan 1-5 April 2019

Serikat pekerja akan melakukan pengawasan terhadap aktifitas pekerja atau buruh pada 17 April atau bertepatan dengan hari pecoblosan pelaksanaan Pemilu 2019. Pekerja berhak mendapatkan libur setelah pemerintah menetapkan sebagai hari libur nasional. Pekerja bisa memanfaatkan waktu untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) menggunakan hak pilihnya. Hal ini sudah menjadi ketetapan Nasional sehingga para pekerja tidak perlu khawatir mendapatkan sanksi dari perusahaan. Apabila ada perusahan yang tetap mempekerjakan buruhnya pada saat pelaksanaan pemilu, hal itu merupakan bentuk pelanggaran hak buruh sebagai warga negara.
Berita selengkapnya : krjogja.com  /https://bit.ly/2IhVTxh


Buruh Berhak Libur Gunakan Hak Pilih

Pekerja PT SKB Ditinggal Kabur Bos ke Korea,
Serikat Pekerja Lakukan Petisi

Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPKEP-SPSI) Bekasi Raya melakukan aksi solidaritas untuk 4000 pekerja PT Selaras Kausa Busana (PT SKB) yang ditinggal kabur begitu saja oleh bosnya ke kampung halamannya di Korea Selatan. Aksi solidaritas dilakukan sejak Minggu (31/3/2019) dengan memanfaatkan momentum Car Free Day Bekasi untuk mengumpulkan tanda tangan petisi dari masyarakat guna mendukung para pekerja secara umum yang ditinggal pengusaha tanpa dipenuhi hak-haknya.
Berita selengkapnya : ayobandung.com / https://bit.ly/2uN07VE

Puluhan Orang di-PHK karena Masuk Serikat Buruh

Sedikitnya 50 orang karyawan/karyawati UD Kasmo Pranowo di kawasan Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Senin (1/4/2019) mengadu ke DPRD Langkat. Pasalnya, perusahaan tempat mereka bekerja telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak gara-gara mereka masuk menjadi anggota Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI). Pihak perusahaan tidak mengizinkan buruhnya berorganisasi di perusahaan tersebut. Para buruh yang tergabung dalam serikat tidak diperbolehkan bekerja tanpa alasan dan kejelasan surat PHK, maupun surat habisnya kontrak. Hal ini menambah daftar banyaknya kasus union busting yang menimpa serikat buruh.
Berita selengkapnya :  medanbisnisdaily.com / https://bit.ly/2FMsdFs

Cek Fakta: Apakah UMKM solusi untuk penciptaan lapangan pekerjaan?

Dalam setiap debat capres, sektor UMKM selalu digaungkan menjadi solusi penciptaan lapangan pekerjaan. Apakah benar demikian? Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), terlalu prematur menjadikan UMKM sebagai solusi dari ketenagakerjaan di Indonesia yang demikian kompleks. Data menunjukkan bahwa meski kontribusi tenaga kerja dari sektor UMKM besar, namun kualitas dan tingkat pendidikan tenaga kerja yang dihasilkan masih rendah. Sehingga tenaga kerja UMKM belum cukup efisien dan kompetitif. Hal ini mencerminkan adanya masalah struktural dalam perekonomian Indonesia.
Berita selengkapnya : theconversation.com  / https://bit.ly/2YO5ZeN



0/50 ratings

1 Comment

  1. Inetmu says:

    Banyak pro kontra juga ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X