Pekerja Rumahan Rotan : Dilema Mengurus Anak dan Resiko Kecelakaan Kerja 
August 29, 2018
Berita Buruh Mingguan 27 – 31 Agustus 2018
August 30, 2018

Surat Terbuka dan Petisi Bersama untuk Presiden Joko Widodo Tentang Nasib Para Pekerja PT. Freeport Indonesia

Surat Terbuka dan Petisi Bersama Untuk Presiden Joko Widodo Tentang Nasib Para Pekerja PT. Freeport Indonesia

Sejak 31 Juli, ratusan buruh dari PT Freeport Indonesia tiba di Jakarta, menempuh perjalanan via kapal laut melewati Sorong-Makassar-Surabaya dari Timika dan Jayapura Papua. Kedatangan mereka ke Jakarta, tak lain untuk menuntut haknya atas perlakuan PT Freeport Indonesia yang telah melakukan kebijakan furlough [merumahkan buruh] dan PHK sepihak pada 3.800 orang buruh, sejak Februari 2017 lalu. Kondisi ini diperparah dengan pencabutan hak-hak pekerja atas jaminan sosial mereka. Padahal menurut UU BPJS jelas menyebutkan bahwa karyawan tetap berhak mendapatkan layanan 6 bulan Paska PHK.

Atas brutalitas menejeman PT Freeport Indonesia, sudah sepatutnya negara hadir. Untuk itu Pemerintah Republik Indonesia, dalam hal ini Presiden Joko Widodo, sebagai atasan langsung dari Direktur Utama Badan Pengelola Jaminan Sosial (BJPS) Kesehatan, dan Kementerian Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, patut segera menyelesaikan sengketa dan tindak pidana ketenagakerjaan yang dilakukan PT Freeport Indonesia, sebagai perusahaan pelaksana dari PT Freeport Mc Moran, yang berkedudukan di Amerika Serikat. (Dilansir dari Lokataru.id)

Sebagai upaya untuk mendorong keperdulian pemerintah, berikut surat terbuka dan petisi bersama untuk Presiden Joko Widodo tentang nasib pekerja PT Freeport Indonesia. Mari bantu sebarkan sebagai aksi solidaritas kita untuk membantu kawan-kawan pekerja PT Freeport Indonesia yang terus berjuang hingga saat ini.

6 Comments

  1. Tri Agus Budi Santosa says:

    Saya adalah salah dari pekerja PT. Freeport Indonesia yang di PHK sepihak oleh PT. Freeport Indonesia dan pelayanan dari BPJS pun juga di “stop”.

  2. tommi says:

    Pak tolong dong diperhatikan kami yg sebagai buruh ini,dan kami juga adalah warga bapak.

  3. Oyong says:

    Jadilah president yang tau kebutuhan rakyatnya

  4. wellyam Maniagasi says:

    Dear pak jokowi, tolong lah kami sekian ribu bnyak buruh yg moker mnuntut keadailan di Negeri sendri dgn perjuangn yg bgtu cukup pnjng n memakan wktu 1 thun lbh untk menyuarakan hak kami sbagai buruh yg tdak di pandang dgn spenuh hati maka dari pak jokowi tlonglah kami berilah ketegasan kpd pihak yg tdak bertnggung jwab kpd buruh dan liriklah kami meskipun hanya sdkit sja tdak bnyak kami minta dr bapak jokowi kembalikan lah hak-hak kami.
    terimaksh..

  5. Burhanudin zaenal arifin says:

    Pak presiden dan pak hanif dakiri..
    Tolong lihat rakyat anda yang sedang memperjuangkan keadilan di negeri sendiri..

  6. Tasriq umar says:

    Bapak presiden RI Yang terhormat, tolong selesaikan permasalahan mogok kerja karyawan PT.FI, PRIVATISASI, KONTRAKTOR, dan SUBKONTRAKTOR di PT. FREEPORT INDONESIA yang berawal dari penolakan program Furloghyang merupakan program kebojakan manajement PT. FREEPORT INDONESIA dalam melakukan efisiensi terhadap pekerja yang dimana program tersebut tidak terdapat di dalam UU KETENAGAKERJAAN di NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X